Cerita Hijrah (Perjalanan Singkat)

Setelah menulis Merah Jambu : Untukmu yang tulisan itu spesial banget buat seseorang yang udah nemenin 3 tahun hidup bareng ala anak-anak remaja. Sekarang mau bikin coretan sederhana tentang perjalanan mencari jati diri, kenyamanan, dan buat pengingat aja… “Oh ternyata dulu tuh aku pernah nulis gini.. Oh ternyata dulu tuh aku kayak gini ya…“.

Awal-awal mengenal agama, maksudnya ada semangat yang membara buat mengenal Islam itu pas masih duduk di bangku SMA kelas 1. Alhamdulillah ‘ala kulli haal.

Waktu itu semangatnya membahas tema-tema tentang wanita. Mulai dari jilbab, adab bergaul dengan lawan jenis, dan lain-lain. Kebetulan waktu itu banyak dapet nasihatnya dari si teteh. Dengan sabar beliau memberi nasihat, kemudian menjawab pertanyaan aku yang waktu itu emang lagi semangat-semangatnya kepengen tau. Jazaahallaahu khairan.

Pemahaman-pemahaman yang lainnya pun mulai masuk satu persatu. Mulai sama pemahamannya  dengan beliau yang kebetulan teteh waktu itu memang ikut *P*. Aku juga masih ingat pas dulu ada masalah teroris yang di luar negeri itu, temen-temen di kos pada bilang “Itu tuh salah.. Masa kayak gitu.” Begitulah, intinya mereka protes. Tapi, aku berlainan pendapat dengan mereka “Ngga, itu kan jihad.” Dengan mudahnya aku berkata demikian. Itulah pemahamanku pada saat itu.

Kemudian, ntah gimana caranya aku pun berkenalan dengan seseorang lagi (perempuan, aku panggil teteh juga) yang beliau ikut *T*. Tapi dengan beliau ini, aku hanya sering mendengar kisah-kisahnya yang maa syaa Allaah sangat inspiratif banget, juga tak ketinggalan aku juga sering denger bagaimana pemahaman beliau terkait organisasinya itu (eh organisasi bukan ya? .-.)

Setelah itu, berbekal semangat yang membara buat menuntut ilmu dien ditambah contoh-contoh diatas (teteh yang ikut *P* itu lulusan Mesir, ilmunya pun maa syaa Allaah. Teteh yang *T* itu dokter, dan sekarang tinggal-tinggal di luar negeri terus. Padahal beliau yatim. Gimana aku yang seorang abege ini ngga tersihir?), mulai deh aku nyari-nyari tempat ngaji. Dan anehnya, yang jadi sasaran atau orang yang aku kepoin pemahamannya itu guru les yang jilbabnya lebar, pake gamis dan warnanya gelap-gelap.. beda sendiri lah sama guru les yang lain.

Mulai deh aku beraniin diri tanya-tanya, “Ibu ngaji dimana ya? Setiap hari apa?

Kelihatan banget ya polosnya aku -_-

Udah deh, kita janjian ketemuan di salah satu masjid terbesar di Kuningan buat pertama kali ngaji. Tapi qadarullah, sama guru lesku itu belum pernah ngaji bareng karena beliau selalu berhalangan hadir.

Kamu tau apa yang terjadi pas aku dateng ke masjid itu?

Maa syaa Allaah.. Alhamdulillaah.. Aku melihat ummahat lengkap, ada yang pake cadar, atau cuma jilbab selutut+ gamis. Gelap-gelap pula.

Aku yang waktu itu dateng bareng temenku (yang 3 tahun hidup bareng itu) tersihir abisss… terpesona. Ngga ada rasa takut. Ngga ada. Alhamdulillahilladzi bini’matihi tatimmushshaalihaat. Allaah maha baik. Allaah menunjukkan jalan yang benar.

Kajian hari itu libur karena ustadznya berhalangan hadir. Eh tapi pas nyampe di kos, aku sama temenku itu senyum-senyum aja coba. Hihi… Seneng banget, ngga bisa diungkapin atau diilustrasiin gimana senengnya.

Lalu, aku cerita deh sama umi (umi itu panggilan buat seseorang yang udah ngenalin jalan ini kepadaku ^^ Eh belum diceritain ya? Nanti ya…), terus umi pun ikut seneng dan semoga itu jalan yang haq. Begitulah harapan beliau.

Siapa umi?

Oya, sebelum mulai nyari tempat ngaji itu sebenernya aku tuh kenalan sama umi. Beliaulah yang sedikit-sedikit melembutkan pemahamanku, sabaaaar banget nuntun aku. Nenden jangan pasang foto profil, jangan pasang foto perempuan walaupun nampak punggung. So sweet ya, aku seneng banget masa-masa itu. Aku juga seneng banget dengan cara berdakwah beliau. Aku pernah nanya, “Umi, wanita itu memangnya harus pake rok ya? Ngga boleh pake celana ya?”

Wanita itu lebih baiknya memang pake rok nenden, kan biasanya juga begitu kan?

Aku yang waktu itu minim rok, tapi anehnya ngga mau nge-les sama nasihat ini… Mulai dari sana aku coba buat pakai rok.

Terharu lagi… ketika aku dan umi itu baruuu kenal, tapi kemudian umi kirim paket buat aku : 1 set pakaian syar’i, 2 buku (1 buku tentang aqidah dan 1 buku tentang semangat ‘Untukmu yang berjiwa hanif’), kumpulan do’a-do’a, majalah, buletin, obat (karena kebetulan waktu itu fisikku lagi diuji). Jadilah, pakaian syar’i pertama bagiku. Perkenalan dengan jalan yang haq ini. Maa syaa Allaah. Baarakallaahu fiih. Jazaahallaahu khairan.

Umi juga sabaar banget nasihatin ini itu.. Supaya bersabar menghadapi orang tua, menjaga pergaulan, semangat menuntut ilmunya, terus juga sabar jelasin masalah-masalah yang aku tanyain. Nyemangatin juga biar jangan kalah sama celaan manusia atas pilihan yang aku ambil.

Setelah perkenalan dengan umi +mulai ngaji, aku jadi tau tentang *P* atau *T* yang ternyata…..

Kemudian, berdatangan lagi deh pemahaman yang lain kayak *T (Jamaah ……) yang kebetulan di daerahku banyak banget jumlah mereka. Sekali lagi, umi yang ngasih nasihat sama penjelasan  “Nenden jangan ikutan sama mereka ya. Mereka itu soalnya begini…. (dijelasin pemahaman mereka).”

Sampai sekarang kadang beliau juga masih kirim buku buat suplemen biar aku ngga futur, ngga goyah. Memberi nasihat. Maa syaa Allaah.

Oh ya, sama teteh yang *P* itu aku masih suka komunikasi dengan beliau. Ngga bisa dipungkiri, beliau lah yang dulu mengenalkan kalau memakai jilbab bagi muslimah itu wajib, pacaran itu ngga boleh (Nah yang paling ditekankan sama beliau). Semoga Allaah selalu jaga teteh, menunjukkan jalan yang haq, dan mengokohkan kaki teteh untuk istiqamah.

Di perkuliahan ini, aku punya temen yang kebetulan dia ikut *T*. Pernah terjadi obrolan antara kami. Tapi memang sebagiannya ngga bisa bertemu dalam satu kesepakatan.

“Kalau kamu mau menerima kebenaran, cobalah buka hati kamu, tundukkan hati kamu. Kebenaran itu kadang pahit di telinga apalagi harus berkesesuaian dengan hawa nafsu tapi kan kita harus tetap menerimanya. Mintalah kepada Allaah untuk melembutkan hatimu dan menjadikan kamu ada diantara orang yang Allaah beri hidayah dan dikokohkan diatasnya.”

Alhamdulillaah, walaupun aku harus singgah di sana-sini tapi Allaah telah menunjukkanku jalan yang haq dan hikmahnya, akupun jadi tau karena pernah menyinggahinya meskipun hanya sebentar.

Pertama hijrah memang berat. Ujiannya dari sana-sini. Kadang teman juga mungkin bilang. “Aku ngga mau temenan sama kamu. Kamu penampilannya begitu.” atau ada yang nyeletuk “Eh ada teroris.” atau juga pas kita lewat tiba-tiba di sana lagi nyanyiin lagu yang ada di film ninja hatori atau malah manggil ninja.

You are not alone, dear.

Jazaakumullaahu khairan buat umi, temen satu kos ku itu ❤ soalnya nemenin masa-masa awal hijrah, buat teteh, buat temen-temenku yang lain (yang udah nerima beginilah kacaunya aku .-.) tak lupa jugaaa buat ibu, apa sama keluargaku yang ngga risih sama penampilan baruku yaaaa. Baarakallaahu fiikum.

~Maaf ya, curhatnya kepanjangan.

My Veil is GLORY
My Veil is GLORY

Yogyakarta, 22 November 2014

ℵ Ghaaziyah

Leave a comment