Gelas-gelas kaca, 08.37 p.m.

Perempuan ibarat gelas-gelas kaca yang sensitif, ia harus diperlakukan dengan cara yang halus dan penuh kehati-hatian dalam memegang dan membersihkannya. Bila kau sedikit kasar biasanya gelas itu akan tergores, dan bila kau lebih kasar lagi ia bisa terjatuh dan pecah berkeping-keping.
Ketika itu kau baru tersadar bahwa dirimu telah kehilangan sebuah gelas kebahagiaan, yang bila kau berusaha untuk merekatkannya kembali, ia susah untuk kembali kepada asalnya.

“Lembutlah kepada kaca-kaca (maksudnya para perempuan).” (HR. Al-Bukhari V/2294 no. 5856, Muslim IV/1811 no. 2323, An-Nasa’i dalam Sunan Al-Kubro VI/135 no. 10326)

…. Dan Allah telah menciptakan Hawwa’ dari diri Adam, tidak seperti Adam yang tercipta dari tanah liat, tentu ada maksud dan banyak hikmah yang terkandung di dalamnya.

Mungkin diantara hikmah-hikmahnya… mungkin..

Perempuan telah dipersiapkan untuk mengabdi kepada pasangan hidupnya, yang dari tubuhnya dirinya tercipta.

Ia telah dipersiapkan untuk menghadapi semua yang berasalkan dari suaminya; amarahnya, omelannya, sindirannya, tuntutannya, dan yang lainnya.

Ia telah diperuntukkan mengandung benih suami selama sembilan bulan, menyusui dan merawatnya selama dua tahun, lalu membesarkan dan menjaganya hingga dewasa.

Ia memang diciptakan agar dapat bekerja untuk suaminya tanpa dimensi waktu dan tempat, selama hayat masih dikandung badan.

1901163_856270427726360_238288809515522759_n

[Andai…..]

Andai ia tercipta dari baja… Baja yang tak berkarat, yang keras dan kokoh, mungkin dia sudah leleh menghadapi panasnya beban yang dipikulnya tanpa kenal waktu.

Andai ia tercipta dari batu cadas. Mungkin ia telah hancur berkeping-keping, karena bantingan dan pukulan yang sering didapatnya di dalam rumah tangga.

[Dr. Syafiq bin Riza bin Hasan bin Abdul Qadir bin Salim Basalamah, MA., Andai Aku Tidak Menikah Dengannya, Penerbit: Rumah Ilmu hlm. 4 dan 52-53]

~Malam setelah hujan
Jogja, 08.37 p.m.
Salinan tulisan di awal Juni…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s